top of page

OndaWire Round Table - Ask your questions

Public·16 members
Abram Hunchback
Abram Hunchback

Konstruksi Kolam Renang Pdf 19


Kali ini saya ingin bercerita tentang perencanaan pembuatan kolam renang. Dilengkapi dengan 19 tahap penting dalam pembangunan kolam renang. Artikel ini akan berguna bagi Anda yang ingin mengetahui proses dan prosedur dalam pembangunannya.




Konstruksi Kolam Renang Pdf 19



Ini sangat penting. Untuk menghindari gagalnya fungsi kolam renang setelah jadi. Selain itu juga untuk meminimalisir potensi-potensi permasalahan. Problem yang mungkin muncul ketika kolam renang telah beroperasi / berjalan beberapa waktu ke depan.


Perencanaan dalam pembangunan wajib dilakukan. Apapun tujuan pembangunan tersebut. Terlebih pembangunan kolam renang. Perencanaan yang matang sangat penting sebagai acuan dasar saat dilakukan pembangunan.


Ada banyak pilihan lokasi penempatan kolam renang. Anda bisa menempatkan kolam renang di dalam rumah (kolam renang indoor). Bisa juga di luar rumah, di halaman belakan rumah, di samping rumah, di halaman rumah. Bahkan Anda juga bisa memilih untuk menempatan kolam renang di atap lantai 2 (rooftop Pool).


Jika lokasi sudah disepakati oleh seluruh anggota keluarga, saatnya meilih dan menentukan desain kolam renang. Anda bisa merujuk pada ketersediaan lahan yang ada. Jika space yang Ada terbatas, cukup memilih desain kolam renang yang minimalis.


Namun jika sisa lahan Anda tidak terbatas, Anda bebas memilih. Mau memilih desain kolam renang apapun bisa diterapkan. Kolam renang mewah pun bisa. Tinggal menyesuaikan dengan selera Anda dan anggota keluarga.


Secara garis besar, ada 2 sistem sirkulasi kolam renang yang bisa Anda pilih. Ada kolam renang dengan sirkulasi skimmer ada juga dengan sistem overflow. Untuk yang sedikit memiliki budget lebih, bisa menerapkan sirkulasi full overflow.


Sirkulasi sistem skimmer itu jika dilihat langsung airnya tenang. Tidak ada air yang tumpah di pinggir kolam renang. Terdapat Skimmer Box pada dinding atas kolam renang. Tidak memerlukan bangunan gutter dan ruang bak penampungan (balancing tank). Itulah gambaran singkat tentang kolam renang yang menggunakan sirkulasi sistem skimmer.


Kolam renang yang menggunakan sirkulasi sistem overflow jika dilihat langsung airnya akan tumpah melalui dinding. Dibutuhkan gutter dan pembangunan ruang balancing tank. Biaya pembuatan kolam renang jenis ini, sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan pembangunan kolam renang skimmer.


Baik untuk pembangunan kolam renang di rumah pribadi maupun untuk kolam renang umum. Contoh di bawah ini saya ambil dari salah satu proyek kami saat melakukan pemabngunan kolam renang skimmer di rumah pribadi.


Pekerjaan bouplank kolam renang adalah langkah awal. Pengertian bowplank sendiri adalah pembatas sementara yang dipakai untuk menentukan titik-titik bangunan sesuai dengan proyek dan gambar denah bangunan kolam renang yang telah direncanakan.


Tahap pekerjaan bouplank wajib dijalankan untuk memastikan peletakan ukuran kolam renang yang hendak didirikan. Agar Pembuatan kolam renang sesuai dengan perencanaan. Untuk lebih jelasnya, silahkan Baca artikel kami tentang cara pemasangan bouplank.


Langkah pertama dalam pembuatan kolam renang adalah Persiapan lahan. Pekerjaan penggalian tanah untuk kolam renang, memang terlihat sebuah pekerjaan yang sepele. Tetapi jika tidak dikerjakan dengan tenaga profesional, maka siap-siap Anda akan kebobolan (boros anggaran).


Setelah proses pembesian, tahapan pembuatan kolam renang yang selanjutnya adalah pekerjaan Bekesting. Bekisting pada dasarnya adalah cetakan yang akan dipakai untuk menahan beton. Fungsi bekisting adalah untuk membentuk hasil cetakan sesuai yang diinginkan, seperti bentuk balok, bulat, segitiga dan sebagainya.


Pekerjaa pengecoran kolam renang disarankan menggunakan beton dengan setara mutu K250-K300. Saat pengecoran usahakan menggunakan vibrator / alat yang fungsinya serupa yaitu untuk memadatkan atau meratakan beton adukan.


Pada saat proses pengecoran, usahakan dikerjakan satu kali jadi. Dengan begitu, bisa meminimalisir keroposnya konstruksi sekaligus meminimalisir adanya grouting / penambalan / injeksi / sambungan pengecoran.


Setelah proses cor selesai, Tahapan pembuatan kolam renang selanjutnya adalah pekerjaan acian dengan lem perekat. Pekerjaan acian harus dikerjakan dengan teliti agar ketebalan acian merata. Dengan begitu akan mempermudah saat pemasangan mosaic.


Dalam penerapannya pada kolam renang, waterproofing memiliki peran yang cukup vital, yakni mencegah kebocoran dinding kolam renang. Pada beberapa kasus, waterproofing diperlukan untuk membuat lapisan dinding lebih kuat dari tekanan air. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel kami tentang waterproofing kolam renang.


Selain itu plester leveling juga berfungsi untuk membuat bidang kolam renang bagian dalam agar sesuai dengan ukuran yang ditentukan. Dengan adanya plester leveling sangat membantu saat pemasangan mosaic / keramik agar tidak ada potongan.


Tahapan pembuatan kolam renang yang ke 12 adalah pemasangan batu alam sebagai toping. Tidak jauh berbeda dengan pemasangan keramik/mosaic. Pekerjaan ini harus dikerjakan oleh orang yang berpengalaman.


Pengenatan adalah pekerjaan penting yang harus dilakukan untuk mengisi jarak kosong antara pemasangan keramik/mosaic/batu. Pengenatan ini berfungsi untuk memperkuat daya rekat kermik. Selain inu juga untuk menghindari terjadinya rembesan pada lantai/dinding kolam renang.


Tahap pembuatan kolam renang yang ke 15 adalah pekerjaan instalasi pompa, filter, lampu dan aksesoris kolam renang lainnya. Pekerjaan ini sangat penting. Harus dikerjakan oleh tenaga ahli. Pastikan ukuran pompa dan filter kolam renang Anda sesuai dengan kapasitasnya.


Penggunaan pompa filter sesuai dengan kemampuannya akan mensirkulasika air kolam renang dengan sempurna. Sempurnanya sistem filtrasi sangat berpengaruh terhadap kualitas air kolam renang. Silahkan baca-baca artikel kami tentang memilih dan menentukan kapasitas pompa kolam renang.


Tahap pembuatan kolam renang yang ke 17 adalah pengisian air. Anda bisa menggunakan air pam atau air pegunungan. Hindari mengisi kolam renang pada saat pertama kali dengan menggunakan air tanah (pompa jet pam biasa).Jika Anda paksakan, akan memakan waktu berhari-hari dan pompa jetpam Anda bisa jebol.


Mencari kontraktor jasa pembangun kolam renang tidaklah sulit. Banyak informasi yang bisa didapatkan di internet. Yang susah adalah mencari kontraktor yang memiliki kapasitas, pengalaman, kredibel, dan bisa dipercaya.


Asalamualaikum salam wr wb pak Rony. Saya ingin membangun garasi mobil dengan dak cor ukuran 6X8 dan rencananya, diatas dak tersebut akan saya buat kolam renang mini ukuran 3x6x1,2 m (memanjang). kira2 dak seperti apa yang mampu menahan beban diatasnya. rencana dinding kolam akan saya cor juga. terimakasih atas jawabannya. wassalam


Waalaimualaikum wr.wb Pak Yudi. Struktur kolom renang si atas portal beton termasuk struktur dengan beban konstruksi berat. Disamping berat sendiri balok dan pelat (tebal pelat dasar kolom renang min. 20 cm) yang beratnya 2,4 ton per m3, berat air harus diperhitungkan sebesar 1 ton per m3 dengan fektor kali 1,2 untuk beban fluida, jadi = 1,2 x 1 x 1,2 = 1,44 ton/m2, serta beban berguna/hidup sebesar 400 kg/m2. Jadi, dimensi balok dan kolom pendukung harus dihitung dengan pasti. Masalah pondasi pun harus kuat terhadap beban yang di transfer oleh kolom, untuk daya dukung pondasi harus diketahui daya dukung tanah dengan penelitian tanah (sondir test).


Akan tetapi, bila ukuran kolam renang diperbesar menjadi 6 x 8 meter. Khusus untuk Struktur balok akan menjadi lebih aman (atau tanpa balok), karena dinding kolam renang berupa shearwall akan menggantikan fungsi balok. Hanya beban pondasi akan bertambah ***


Ass,Wr,Wb,Pak Rony, mohon penjelasan pada kalimat dibawah ini, yang bapak maksudh SHEARWALL apa BEARINGWALL?Akan tetapi, bila ukuran kolam renang diperbesar menjadi 6 x 8 meter. Khusus untuk Struktur balok akan menjadi lebih aman (atau tanpa balok), karena dinding kolam renang berupa shearwall akan menggantikan fungsi balok. Hanya beban pondasi akan bertambah ***


Yth Bpk. Ir Rony Ardiansyah, MT.Pak Rony, saya bermaksud membuat kolam renang mini indoor untuk olah raga dan hiburan warga setempat, dengan tarip sukarela. Ukuran kolam renang adalah panjang 38 meter x lebar 6,4 meter, dengan perincian sbb: Kolam dalam, ukuran 6,4 x 19 x 1,5 meter. Dilanjut kolam menengah, ukuran 6,4 x 13 x 1,2 meter. Terakhir kolam dangkal, ukuran 6,4 x 6 x 1 meter. Total panjang kolam ada 38 meter.Luas lahan seluruhnya ada 1350 m2. Di sekitar kolam renang saya tanami pohon buah-buahan seperti lengkeng, jambu biji merah, jambu air, sawo dll. Yang ingin saya tanyakan adalah : 1. Bagaimana desain konstruksi pemipaan, filter dan pompa untuk sirkulasi dan pengisian kolam. 2. Untuk perawatan kolam, bahan kimia apa saja yang dibutuhkan dan dimana dapat saya peroleh. 3. Apakah air kolam perlu diganti secara periodik, kalau ya, sebaiknya setiap berapa bulan sekali.Demikian pertanyaan saya, atas perhatian dan jawaban Bapak, saya ucapkan terima kasih.Soegino, alamat Cilacap. Telp. 0282 5263587. HP 081328750682.


Maaf Pak Sugiono Ahmad Wiryono, disiplin ilmu saya adalah teknik sipil. Semoga pertanyaan bapak bisa dijawab oleh pembaca blog ini yang berkecimpumg di pemipaan, perawatan kolam, dan tata cara pergantian air, trims.


Kepada yth bapak Sugiyono, untuk kebutuhan pembuatan kolam Renang Bapak itu sudah berkaitan dengan sistem dan juga Mekanikal Elektrical utnuk Detail nya Mohon bapak Click www,budispool.com atau www,kolamrenang.co.id selamat mencoba.


Yth Bpk. Ir Rony Ardiansyah, MT.Permisi pak, saya berencana membangun kolam renang dengan luas 30mx10m. Dengan kedalaman 60cm-2m. Akan di bangun di daerah cibubur.Yang ingin saya tanyakan, Kira-kira struktur konstruksi apa yg tepat digunakan utk pembangunan kolam ini. Mengingat bahaya gempa yang sering terjadi akhir-akhir ini.Selain itu, jika ingin menggunakan jasa teknil sipil kira2 brp bayarannya?


selamat malam pak, saya sedang merencanakan kolam renang yg cukup luas. tapi saya sedang bingung dengan perhitungan tulangan dinding kolam renang tersebut. dindingnya ada yg menahan tanah dan ada yang menahan air.jadi ada yang di gali ada yg tidak. yg saya bingung dinding tersbut kita modelkan sebagai apa pak? pelat? atau apa? dan cara menghitung tulangan pakai cara pelat ya pak? mohon di bantu pak.. thx 350c69d7ab


About

Welcome to my group! Start discussions, share photos and mo...
bottom of page